Tentang Saya

Arsip blog

Kemenangan Milik Tuan Rumah

Kemenangan Milik Tuan Rumah


BOJONEGORO - Persibo Bojonegoro mempunyai kesempatan besar untuk melanjutkan episode positif di Indonesian Premier League (IPL). Menjamu Persema Malang di Stadion Letjen H Soedirman, Minggu (6/5) sore, Persibo memiliki segalanya untuk mengamankan tiga angka.

Dari sisi teknis maupun mental tim, tuan rumah jauh lebih unggul dibanding tim tamu. Sejumlah faktor yang patut dipandang sebagai keuntungan Persibo, di antaranya adalah kemenangan dua beruntun di pertandingan away ke kandang Persija Jakarta dan Persijap jepara sebelumnya.

Bukan hanya itu, kepastian bisa bertandingnya lima pemain yang mengikuti seleksi tim nasional (timnas), membangkitkan gairah Laskar Angling Dharma. Belum lagi kembalinya tim ke Stadion Letjen H Soedirman setelah di laga home sebelumnya harus mengungsi ke Bantul karena tak ada izin.

Berbagai keuntungan itu terlihat njomplang jika dibandingkan dengan tim tamu. Persema Malang diliputi situasi lesu darah karena seret finansial yang semakin membuat pemain gelisah. Catatan buruk di pertandingan away selama IPL juga membuat Persema tak dijagokan pada pertandingan ini.

Menyadari keuntungan lebih berpihak, pelatih Persibo Paulo Camargo tak ragu menetapkan misi membabat habis tiga angka di laga ini. Ia sangat yakin timnya mempunyai mental yang luar biasa setelah dua kali memenangi laga away. Apalagi kali ini tampil di depan Boromania, sopporter fanatik Persibo.

“Kondisi tim Persibo lebih bagus dari Persema. Kami hanya ada dua pemain yang terkena akumulasi kartu kuning, tapi itu bukan masalah.
Saya hanya meminta pemain tidak ceroboh karena Persema mempunyai kualitas yang tak bisa diremehkan,” ungkap Camargo kemarin.

Dua pemain Persibo yang terkena akumulasi kartu kuning adalah gelandang Dian Irawan dan Aang Suparman. Walau kedua harus absen, tapi kelihatannya Paulo Camargo tak sampai mengalami gangguan di tim. Dian sendiri sejatinya belum menjadi pilar utama tim Oranye.

Sedangkan peran Aang Suparman bisa diganti Sigit Meiko atau Hary Syaputra yang mengapit Leke Anderson. Pola ofensif 3-4-3 tetap menjadi pilihan pelatih asal Brasil tersebut dengan mengandalkan trisula Samsul Arif, Jaron Feliciano dan Nur Iskandar. Nama terakhir bakal kembali menjadi sorotan karena ketajamannya akhir-akhir ini.

“Nur Iskandar tampil luar biasa musim ini, juga beberapa pemain lain.
Sejumlah pemain tak hanya bermain bagus, namun juga terus berkembang.
Saya ingin mereka tetap stabil di kompetisi, sehingga bisa meningkatkan levelnya dengan masuk ke timnas,” papar Paulo Camargo.

Penampilan Nur Iskandar pantas menjadi perhatian utama di pertandingan nanti. Ia sudah rutin mencetak tiga gol di dua kemenangan atas Persija dan Persijap. Pemain asal Papua ini sudah pasti bakal memberikan teror atau malah menyuguhkan bencana bagi Persema.

Pada pertemuan di putaran pertama lalu, Persibo kalah tipis 1-0 kala bertandang ke markas Persema, Stadion Gajayana. Sejumlah pemain lawan yang masuk catatan khusus Camargo adalah Irfan Bachdim, Emile Mbamba, serta Bima Sakti. Ketiganya dianggap sebagai kekuatan sentral tim tamu.

Sementara itu, dari kubu tim tamu, Pelatih Persema Slave Radovski mengakui situasi di timnya serba tidak enak karena persoalan finansial. Kegelisahan pemain dan segenap unsur tim mulai dirasakan sejak menjelang laga menjamu Persebaya Surabaya dan situasi belum juga membaik.

Walau begitu dirinya masih menyimpan keyakinan timnya bisa memberikan yang terbaik di Bojonegoro. Paling tidak untuk menjaga peluang menusuk ke papan atas, karena Persema sejatinya berpotensi menduduki posisi lebih baik karena memainkan pertandingan lebih sedikit dibanding tim lain.

Persema mendulang 20 poin dari 12 pertandingan dan bisa ke papan atas jika bisa meminimalisir kekalahan. “Sebenarnya sayang sekali kami diganggu persoalan finansial. Tim sudah bermain bagus dan masih sangat kompetitif untuk papan atas IPL. Tapi beginilah kondisinya dan saya berharap bisa mendapatkan hasil terbaik dengan situasi yang ada,” cetus Slave, pelatih asal Makedonia.

Persema kemungkinan masih belum bisa memainkan Ngon Mamoun yang cedera panjang. Formasi 4-5-1 tampaknya menjadi solusi terbaik dengan sedikit menarik Irfan Bachdim ke tengah dan menempatkan Emile Mbamba sebagai target man. Dengan formasi ini, Persema sukses menekuk Persebaya Surabaya.(kukuh setyawan)

Prakiraan Susunan Pemain:
Persibo (3-4-3):

Fauzi Toldo (gk), Hary Syaputra, Leke Anderson, Sigit Mieko (belakang), Mekan Nasirov, Jajang Paliama, Gustavo Ortiz, Novan Setya (tengah), Samsul Arif, Jairon Feliciano, Nur Iskandar (depan).

Persema (4-5-1):
Sukasto Efendi (gk), Kasan Soleh, Leonard Tupamahu, Naum Sekulovski, Deniss Kacanovs (belakang), Reza Mustofa, Bima Sakti, Dio Permana, M Kamri (tengah), Irfan Bachdim, Emile Mbamba (depan). (Kukuh Setiawan/Koran SI/min)

0 komentar: